To ChristianAnswers.Net homeTo ChristianAnswers.Net directory
Christmas - What is the true meaning?
Apakah kisah tentang Natal di Alkitab adalah kenyataan? Apakah Yesus Kristus itu nyata?

Lihat halaman ini dalam bahasa: Belanda (Nederlands), Inggris (English)
Nubuat dalam Perjanjian Lama telah digenapi dalan kehidupan, kematian dan kebangkitan Yesus. Ratusan tahun sebelum kelahiranNya telah dinubuatkan oleh para Nabi dimana terdapat hampir sekitar 300 nubuatan yang dibuat sebagai referensi untuk pembebas yang akan datang yang mereka sebut Mesias.
Old Testament, Jesus' life, death, and resurrection

Termasuk Kota Bethlehem telah dinubuatkan sebagai kota kelahiranNya (Mika 5:2), bahwa dia akan dilahirkan dari seorang perawan (Yesaya 7:14 yang tercantum dalam Septuaginta terjemahan dalam Bahasa Yunani kira-kira tahun 250 sebelum Masehi), dan saat kelahirannya tepat sebelum Israel kehilangan kekuasaannya sebagai bangsa (Kejadian 49:10) - ini mengambil tempat tepat sesudah permulaan Abad Pertama Masehi ketika Arkhelaus memerintah.
virgin

Ini berarti bahwa ketika Israel meratap, “habislah kami, tongkat kekuasaan sudah diambil dan Mesias tidak akan datang (Talmud, Babylon, Sanhedrin), Yesus berjalan ditengah-tengah mereka.

Jerusalem at the time of Jesus. Artists conception. Photo copyrighted.

Hal itu juga telah dinubuatkan bahwa dia akan mengadakan mujizat (Yesaya 35:5,6), dia akan masuk kota Yerusalem dengan keledai (Zakharia 9:9), bersedia mati dengan mengerikan, belum lagi mati sebagai pengganti (Yesaya 53) dengan penyaliban (Maz. 22:14-17), suatu bentuk kematian yang bahkan tidak dikenal pada saat Mazmur digubah, dan dia akan bangkit dari kematian (Maz. 16:9).
miracles, crucifixion, raised from the dead

Tidak seorangpun dalam sejarah yang dapat secara langsung dinyatakan sebagai objek nubuat tersebut kecuali Yesus dari Nazaret.

Secara mengagumkan, kemungkinan untuk menggenapi hanya delapan nubuatan yang spesifik saja adalah satu banding 100,000,000,000,000,000 catatan sekelompok ilmuwan dengan Afiliasi Ilmuwan Amerika. Lihat dalam Bukti Terbaru Josh McDowell Tentang Demands a Verdict. (Nelson, 1999), p. 164f. Lihat juga dalam wawancara dengan Rev. Louis Lapides in “Bukti Sidik Jari: Apakah Yesus — dan hanya Yesus – Yang Cocok dengan Identitas Mesias?” temukan dalam Lee Strobel's The Case for Christ, (Zondervan, 1998), p.171f. Lapides adalah seorang Yahudi yang berubah dari seorang agnostic menjadi percaya bahwa Yesus adalah Mesias sebagaimana yang dinubuatkan di Perjanjian Lama.

Archaeological evidence confirms the Bible. Photo from Israel. Copyrighted.

Para ahli purbakala mempertegas kebenaran sejarah Alkitab. Seorang ahli purbakala terkenal, Nelson Glueck, memberikan komentar,

"Secara kategori telah dicatat bahwa tidak ada penemuan purbakala yang pernah berlawanan dengan referensi Alkitab."

Semua penemuan termasuk tulisan bahwa Kirenius (Lukas 2:2) telah dua kali menjadi Gubernur Siria, dan sebagai penguasa ketika Yesus lahir, dan bahwa Kaisar Agustus memerintahkan dilakukannya sensus penduduk bagi warga seperti Yusuf dan Maria di kotanya sendiri (Lukas 2:3, 4). Lihat di Sir William Ramsey, The Bearing of Recent Discoveries on the Trustworthiness of the New Testament. (Hodder and Stoughton, 1920), p.238f.

Lihat: Kapankah sensus yang tertulis di Lukas 2 terjadi? Bagaimanakah Alkitab bisa benar?

Sungguh, ketepatan yang mengagumkan di dalam Kitab Kisah Para Rasul membuat Ramsey menggambarkan Lukas sebagai "Ahli Sejarah Nomor Satu" [St. Paul the Traveler and Roman Citizen (Baker, 1949), pp. 3,4].

Easter, the Resurrection of Jesus.
Paskah, Kebangkitan Yesus
Pelajari lebih jauh tentang Yesus Kristus – Kematian dan kebangkitanNya. Pertanyaan dan Jawaban. Aktifitas bagi anak-anak. Sumber-sumber yang bernilai.

Paskah menegaskan kebenaran tentang Natal. Ini nyata bagi kebangkitan Yesus bahwa poin-poin dalam Perjanjian Lama sebagai konfirmasi paling positif terhadap penegasannya (Kisah 2:22-32). Daftar berikut merupakan kenyataan yang tidak dapat disangkal “sebagai suatu kumpulan tentang kebangkitan Yesus dengan kemungkinan terbanyak” (A.M. Ramsey).
Easter, New Testament

  • Kematian Yesus karena penyaliban menyebabkan para murid menjadi putus asa dan kehilangan harapan. Namun dalam waktu singkat, ketakutan mereka berubah menjadi keberanian. Banyak dari mereka yang menghadapi kematian karena memproklamirkan bahwa mereka telah bertemu dengan Yesus yang bangkit.
    crucifixion, disciples

  • Pada hari itu kuburan Yesus di Yerusalem ditemukan kosong. Tidak satupun baik orang Yahudi maupun para pemimpin Roma yang mengeluarkan tubuh Yesus meskipun mereka punya motivasi yang cukup kuat. Tidak juga diamnya mereka membungkam kesaksian para murid.

  • Murid-murid ini, yang adalah Yahudi Monoteis dan yang telah menolak patung berhala, datang untuk menyembah Tuhan yang adalah Yesus yang telah hadir sebagai manusia di tengah-tengah mereka.
    Jews

  • Para murid Yahudi yang sama, yang telah menanti dengan sangat lama suatu kekuasaan, suatu kekuatan militer yang dapat membebaskan mereka dari kuk penindasan Roma, datang memanggil Mesias yang telah lama dijanjikan yang telah mati di atas kayu salib yang memalukan.

  • Kendati mendapat tekanan yang kuat dari berbagai sudut, namun iman mereka telah menyebar ke seluruh Israel dan keseluruh Mediterania. Hidup untuk mengubah kepada hal yang positif. Dunia menjadi kalang kabut.

Mantan Hakim Agung Inggris, Sir Edward Clarke mencatat…

"Bagi saya suatu bukti adalah menentukan…Lagi dan lagi di pengadilan tinggi saya telah mengunci suatu keputusan berdasarkan bukti yang hampir-hampir tidak terlalu dipaksakan (sebagai dukungan kebangkitan Yesus)"
Mengapa Natal itu penting?

Dengan penggenapan nubuatan oleh Yesus, kita diingatkan bahwa Yesus Kristus adalah pusat dari rencana Allah bagi dunia.

Dengan kebangkitanNya dari kematian merupakan penegasan lebih jauh lagi bahwa Anak Allah akan menepati setiap janji. Yesus dalam kandang domba bukan suatu dongeng. Dan karena pesan Natal itu benar, pengertian yang terkandung didalamnya sangat luar biasa buat saudara.

Artinya bahwa Anak Allah, dengan kasih, datang untuk menggenapi arti dari namaNya, yang artinya “Tuhan Penyelamat!” Dalam arti yang lain, seorang penulis modern menyebutNya, dia adalah "Tuhan yang menyelamatkan!"Dengan kematian Yesus di kayu salib dia membayar harga dosa Saudara dan saya. Dengan kebangkitanNya dia telah membuka jalan menuju surga bagi mereka yang menerima Dia dengan iman.
faith

Yesus berkata, "Barang siapa (artinya siapa saja) percaya kepasa Anak ia beroleh hidup yang kekal" (Yoh. 3:36). Dengan menerima Yesus dalam hidup Saudara itu menjadikan Saudara juga menjadi anak Allah (Yoh 1:14), menerima pengampunan dosa (Kis. 10:46), dan menjadi manusia baru (2 Korintus 5:17). Masa depan Saudara menjadi hidup yang telah ditentukan untuk masuk dalam rencanaNya yang mulia bagi Saudara (Efesus 1:18f).

Dahulu Dia lahir di palungan. Namun Dia rindu untuk lahir di dalam hati saudara saat ini (Wahyu 3:20). Natal merupakan saat menerima hadiah terbesar dari yang mampu diberikan. Buka hati saudara dan biarkan Tuhan yang telah lahir di kandang hina, mati di kayu salib dengan kasih, dan bangkit dari kematian dalam kuasa, masuk ke dalam hati saudara!

Sudahkah saudara menerima hadiah yang paling berharga yang Dia miliki untuk saudara? Saudara bisa saat ini.

Penulis: Gary Jensen

Ambil keputusan apa yang akan saudara lakukan dengan Yesus Kristus…
  1. Menerima Dia - Saya ingin menerima hadiah hidup kekal dari Kristus, tapi tidak tahu caranya..
  2. Mempersembahkan kembali - Saya sudah diselamatkan, tapi saya tidak hidup seperti orang yang telah diselamatkan. Saya ingin mempersembahkan hidup saya kembali bagi Kristus.
    Lihat "10 tips bagi Kristen Baru dan Bertumbuh".
  3. Menolak Yesus - Saya menerima takdirku.
  4. Tunggu - Saya masih ada pertanyaan lain.. Atau e-mail ke kami.

    Baca dibawah ini…

Apakah saudara skeptis tentang pernyataan Yesus Kristus dan arti sesungguhnya dari Natal?

Apakah saudara memiliki pemikiran yang terbuka? Jika iya, terdapat bebedapa hal yang dapat dipikirkan…


Apakah Yesus Kristus pribadi yang baik? Ataukan dia iblis? Apakah dia sakit jiwa? Dia menyatakan diriNya sebagai Tuhan, pencipta alam semesta—-Yang awal dan Yang akhir. Manusia macam apa yang menyatakan hal seperti itu? Pendusta? Penjahat? Orang gila?



Bagaimana dengan bangkit dari kematian? Pernahkah Saudara mempertimbangkan implikasi bahwa ternyata Kekristenan adalah satu-satunya agama dimana pemimpinnya mengatakan bahwa telah bangkit dari kematian?

Jika kebangkitan Yesus merupakan suatu kebohongan, penipuan atau tak terbukti, mengapa dua belas pria pintar (murid Yesus) bersedia mati daripada tidak mengakui apa yang telah mereka lihat dengan mata mereka sendiri?

Bagaimana Saudara menjelaskan catatan tentang eksekusi dirinya di depan umum – ditandai dengan kehadiran seluruh masyarakat termasuk tentara Roma, dan penguburan – lalu diikuti dengan Yesus terlihat dalam keadaan sehat, berjalan dan berbicara kepada orang banyak setelah kematiannya? Tahukan Saudara bahwa pengacara-pengacara dengan kualifikasi tinggi dan para ilmuwan telah menyelidiki bukti-bukti tentang hal tersebut secara detail, mencoba untuk mencari kejanggalannya, dan sampai pada kesimpulan bahwa kejadian tersebut tidak dapat dibantah.



Apakah Alkitab buku yang buruk? Jika Alkitab tidak benar, jika buku ini hanya berisi kebohongan, mengapa secara universal dipandang sebagai “Buku yang bagus”?

Bagaimana Saudara secara realistis mempertimbangkan dokumentasi sejarah tentang kisah-kisah dalam Alkitab, tempat atau orang-orang?

Apa pendapat Saudara tentang ratusan tulisan ilmiah yang terdapat dalam Alkitab yang merupakan dokumen yang seksama, teliti dan dapat dipercaya? Omong kosong? Bualan bodoh?

Mengapa ahli sejarah yang hebat akhirnya percaya? Ribuan ilmuwan-ilmuwan yang cerdas, hidup dan mati, menjadi pria dan wanita yang menerima Kristus dan Alkitab sebagai kebenaran. Apakah saudara mengira bahwa orang-orang cerdas itu salah secara radikal?



Mengubah Kehidupan - Bagaimana Saudara menjelaskan kenyataan bahwa seorang Pria lajang, yang relative tidak berpendidikan dan yang sebenarnya tidak pernah pergi kemana-mana, mati pada usia 33 tahun, namun secara radikal mengubah kehidupan dan masyarakat saat ini? Jika semuanya itu hanyalah tipuan yang bodoh, mengapa begitu banyak orang yang jahat, egois, penyiksa bisa berubah menjadi orang mampu mengasihi dan mau berkorban sebagai hasil dari apa yang Kristus perintahkan?



Bagian mana yang aneh? Yang aneh adalah dalam 1 banding 10 terhadap 157 kekuatan yang melawan bahkan hanya 48 nubuatan kuno menjadi tergenapi oleh satu orang dan satu tempat dan satu waktu di bumi. 300 nubuatan menjadi nyata dalam Yesus Kristus.



Apakah mungkin bahwa Saudara yang tidak percaya pada Tuhan kenyataannya enggan untuk menerima Dia?



Mengapa saya bersedia menjadi Kristen; bukankah mereka hanya sekelompok hipokrit? Jawaban

Seluruh pertanyaan diatas diambil dari
44 Pertanyaan bagi Mereka yang Belum Percaya, AIIA Institute


Christmas herald horn. Photo copyrighted.

Jawaban untuk Pertanyaan yang sering diajukan…

Temukan jawaban dari banyak-banyak pertanyaan tentang Alkitab dan Kekristenen.

Buat keputusan apa yang akan Saudara lakukan dengan Yesus Kristus…
Pelajari tentang kebenaran Natal
mulai dari awal…
Read and hear - God's Story
Kisah nyata tentang Natal dimulai sejak awal mula waktu. Narasi oleh Aktor Dean Jones, dipersembahkan secara urutan kronologis. Baik untuk segala usia.

God's Story Online home
[klik disini]


Jesus Christ: His Identity, Life, Death & Resurrection
Apa yang benar tentang Yesus Kristus? IdentitasNya, Hidup, Kematian dan pernyataanNya.


Ingin tahu bagaimana diselamatkan? Memiliki pertanyaan tentang keselamatan dalam Yesus Kristus? Lihat dalam bagian jawaban.


Pernahkah Saudara mendengar tentang 4 Hukum Spiritual ? (Flash)

Bersedia Saudara untuk mengenal Allah secara Pribadi (Flash)

Who is Jesus really? Click to find out.
Siapakah Yesus sebenarnya?

  • Apakah saya cukup layak masuk Surga? - Jawaban

  • Bagaimana saya dapat dan merasakan telah diampuni? - Jawaban

  • Jika Allah selalu mengampuni, mengapa saya masih merasa bersalah? Jawaban

  • Dengan begitu banyaknya denominasi dan agama bagaimana saya dapat memutuskan antara yang benar dan yang salah? Jawaban

  • Mengapa Kekristenan sangat menuntut bahwa seseorang harus percaya hanya kepada Kristus saja jika ingin diselamatkan? Bukankah pada dasarnya semua agama sama dan dalam cara yang berbeda menuju akhir yang sama? - Jawaban
    Versi Dalam Bahasa: Hungaria, Rusia, Spanyol, Swedia

  • Apakah Saudara SKEPTIS mengenai Alkitab? Jika ya, pelajari pertanyaan-pertanyaan kami untuk mempertimbangkan..
    Versi Dalam Bahasa: Rusia

  • Apakah ada tempat yang bernama, "Neraka"? Jawaban

  • Bagaimana saya dapat yakin dengan keselamatan saya? - Jawaban

  • Dapatkah orang yang telah diselamatkan bisa kehilangan keselamatannya? Jawaban
    Dapatkah orang Kristen yang berdosa sampai batas tertentu kehilangan keselamatannya dan pada akhirnya akan dimasukkan ke dalam danau api?
    Versi Dalam Bahasa: Hungaria, Spanyol

  • Pekerjaan yang baik (definisi) - Go

  • Keselamatan adalah anugerah bukan karena kerja keras saudara (perbedaan antara Kekristenan Alkitabiah dan pengajaran umum dalam Gereja Katolik Roma) - Lanjut

  • Dapatkah seorang gay masuk surga? - Jawaban

  • Dapatkah anak kecil datang kepada Kristus untuk diselamatkan? - Jawaban
    Versi Dalam Bahasa: Belanda, Inggris

  • Jaminan keselamatan (definisi) - Lanjut

  • Penebusan, apakah itu? (definisi) - Lanjut

  • Regenerasi, apakah itu? (definisi) - Lanjut

  • Apa kehidupan kekal bagi bayi yang meninggal? Jawaban
    Pedoman apa saja yang dikatakan Alkitab tentang kematian bayi dan hidup kekal?
    Versi Dalam Bahasa: Inggris

  • Penghakiman dari para hipkorit di dalam gereja, mengapa saya bersedia untuk menjadi kristen? - Jawaban
    Versi Dalam Bahasa: Inggris


Selamatkan diri Saudara dari penderitaan! Lihat "10 tips bagi Kristen Baru dan Bertumbuh".

Do Not Enter

Translated by: Yuni Sihombing