Seperti apa Adam?

Adam. Copyright, The God's Story Project.
Temukan kenyataan-kenyatan yang mengherankan mengenai…
…manusia pertama
…manusia pertama tanpa pusar ( atau tanpa ibu )
…operasi pertama
…suami pertama
…orang jenius pertama
…petani pertama
…taxonomis pertama
…ayah pertama
…orang berdosa pertama
…apa warna kulit Adam?
…mengapa Adam yang pertama perlu Adam yang terakhir?

Adam hidup 930 tahun (Kej. 5:5).


God's Story Online home
Baca juga cerita Alkitab tentang Adam dan ras manusia! lengkap dengan suara dan gambar. GO

Lihat halaman ini dalam bahasa: Inggris (English), Belanda (Nederlands), Rusia

Apakah manusia pertama mempunyai rambut hitam, kulit coklat dan mata coklat? Apakah dia setinggi 1,8 m? Semua ini adalah pertanyaan yang tidak bisa kita jawab secara pasti, karena kita tidak ada di sana saat itu untuk melihat Adam. Sekalipun demikian, dengan membaca kitab Kejadian dan berbekal ilmu pengetahuan dasar,kita dapat belajar banyak tentang bagaimana kemungkinan rupa dan bentuk Adam.

Apakah Adam mempunyai pusar?

Pusar Adam adalah hal yang paling sering ditanyakan kepada saya. Sebenarnya, saya percaya kita bisa mendapat jawaban yang pasti di sini.

Bayi, dengan pusarnya. Photo copyrighted. Provided by Films for Christ.Pusarmu sebenarnya adalah suatu bekas luka yang terbentuk dari sambungan melalui tali pusar ( tali umbilikal ) ke ibumu. Setelah lahir, tali tersebut dipotong dan tempatnya menempel ke badanmu mengerut serta membentuk bekas luka yang disebut sebagai pusar. Bila Adam tidak dilahirkan oleh seorang perempuan, dia tidak akan punya tali pusar, sehingga tidak ada bekas luka, dan berarti tidak ada pusar.
[Untuk jawaban yang lebih lengkap, lihat: Apakah Adam punya pusar?]

Adam adalah MANUSIA PERTAMA

Sekarang coba pikirkan Adam. Apakah dia lahir seperti engkau atau saya? Tentu saja tidak. Adam langsung dibuat oleh Allah dari debu tanah.

Di Kejadian 2:7 kita baca, "ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi mahluk yang hidup."

Adam tidak dilahirkan oleh seorang perempuan. Ia adalah manusia pertama. Dalam I Korintus 15:45 kita baca, "Seperti ada tertulis:"Manusia pertama, Adam menjadi mahluk yang hidup." Adam adalah manusia pertama.

Bagaimanapun ini adalah bagian yang penting, tidak ada manusia lain yang dibuat bersamaan dengan Adam.

[Lihat Asal usul Manusia bagian dari CreationSuperLibrary.com]

Adam had the FIRST OPERATION

Pembedahan. Photo copyrighted. Provided by Films for Christ.

Ingatlah Kejadian 2:21-23,

"Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk daripadanya, lalu menutup tempat itu dengan daging. Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangunNyalah seorang perempuan, lalu dibawaNya kepada manusia itu. Lalu berkatalah manusia itu:"Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki."

Kejadian 3:20 menyatakan:

"Manusia itu memberi nama Hawa kepada isterinya, sebab dialah yang menjadi ibu semua yang hidup."

Wanita pertama (istri pertama) dibuat langsung dari bagian tubuh Adam. Wanita itu juga tidak dilahirkan dari perempuan. Adam dan Hawa memang unik. Tidak satupun dari mereka yang memiliki pusar. Coba pikirkan, hal tersebut akan menjadi suatu tanda yang luar biasa bagi siapapun yang melihat mereka ketika mereka masih hidup. Mereka memiliki bukti bahwa merekalah dua orang manusia yang pertama.

Apakah tulang iga Adam kurang satu daripada Hawa?

Tulang iga manusia. Photo copyrighted. Supplied by Films for Christ.

Orang seringkali bertanya pada saya, setelah membaca bagian tentang penciptaan perempuan, mengapa jumlah tulang iga orang laki tidak berkurang satu dibandingkan perempuan bila Allah membuat Hawa dari bagian sisi Adam (atau tulang iga). Saya menjawab dengan cara sebagai berikut : Andaikan seorang laki-laki mendapat kecelakaan sehingga kakinya harus diamputasi ( dipotong ), kemudian dia menikah dan mempunyai anak-anak, apakah semua anaknya hanya akan memiliki satu kaki?

Tentu saja tidak! Hal ini terjadi karena perintah tentang bagaimana kita dibentuk terkandung dalam DNA di nukleus sel-sel kita - dalam gen kita. Ketika Allah mengambil bagian dari Adam untuk membuat Hawa, Dia tidak mengubah gen Adam. Semua informasi dalam gen Adam masih lengkap di dalamnya.

Adam adalah SUAMI PERTAMA

Hawa dibuat khusus untuk Adam. Ini adalah pernikahan yang pertama. Itulah sebabnya Yesus dalam Matius 19:4-6 mengingatkan orang banyak bahwa arti pernikahan tergantung pada awal pernikahan—dan pernikahan yang pertama ada di Kejadian:

Pengantin laki dan perempuan. Photo copyrighted.Jawab Yesus: "Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan? Dan firmanNya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah,tidak boleh diceraikan manusia."

Adam adalah PETANI PERTAMA

Sayuran. Photo copyrighted. Supplied by Films for Christ.Dalam Kejadian 2:15 kita baca, 'TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.' Adam, manusia pertama, disuruh bekerja, dan merawat taman buatan Allah.

Ini bukan sebuah tugas. Ini sebuah sukacita bagi Adam. Taman itu adalah sebuah taman yang sempurna. Tidak ada duri ataupun onak, karena duri dan onak tidak ada sampai saat Allah mengutuk bumi. Dan karena segala sesuatu yang diciptakan Allah adalah “sangat baik” (Kejadian 1:31), Adam, tumbuhan, taman, dan kenyataannya semua hal sangat sempurna.

Betapa berbedanya dengan dunia sekarang. Betapa berbedanya mengurus taman dan kebun saat ini!

Adam adalah TAKSONOMIS PERTAMA

Giraffe. Photo copyrighted.

Kita tahu bahwa Adam yang memberi nama binatang-binatang, Kejadian 2:19-20:

"Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. DibawaNyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap mahluk yang hidup, demikianlah nanti nama mahluk itu.Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan."

Manusia selalu memberi nama kepada sesuatu. Para ahli/ilmuwan yang memberi nama binatang-binatang dan tumbuhan yang berbeda disebut taksonomis. Siapapun yang mempelajari ilmu taksonomi tahu betapa susahnya untuk mengingat semua nama itu. Adam tidak mengalami masalah ini karena dia diciptakan sempurna. Dia adalah manusia pandai yang pernah ada.

Adam adalah MANUSIA JENIUS PERTAMA

Bagaimanapun, untuk memberi nama binatang, Adam harus dapat berbicara. Dia pasti memiliki bahasa yang lengkap sejak awal.Dia bahkan tidak harus belajar bicara seperti kita. Dia diciptakan sebagai manusia dewasa.

Betapa bedanya kita dengan Adam. Dia bangun setelah dunia ada, dalam keadaan sadar, lengkap, dapat berkomunikasi dan mengerti.

Pernahkah engkau memikirkan tentang kenyataan bahwa Adam tidak melihat Allah menciptakannya. Walaupun demikian, bukti bahwa Allah menciptakan ada di sekitar Adam. Adam bahkan tidak melihat saat Allah menciptakan Hawa. Hal ini berarti Adam harus mempunyai iman dalam firman Allah tentang darimana dia ada, seperti kita yang juga memiliki iman hari ini. tetapi seperti Adam, kita memiliki banyak bukti bahwa Allah menciptakan seperti yang dinyatakan dalam firmanNya.

Antelope. Photo copyrighted.Beberapa orang memperkirakan bahwa karena Adam harus memberi nama semua binatang itu pada hari keenam penciptaan, ini pasti bukan hari yang biasa. Mereka pikir itu pasti waktu yang panjang. Orang sering mengatakan pada saya bahwa tidak mungkin seseorang dapat memberi nama semua nama-nama itu dalam satu hari. Bagaimanapun, orang-orang yang mengatakan hal tersebut biasanya berpikir demikian karena kalau mereka sendiri tidak dapat memberi nama dan mengingat semua nama-nama, maka Adam pun tidak.

Adam setelah jatuh dalam dosa. Copyrighted, The God's Story Project.Alkitab, sekalipun demikian, menceritakan bahwa manusia pertama Adam memberontak terhadap Allah dan dosa masuk ke dunia. Sejak itu, ciptaan menjadi mati. Bukan hanya tidak ada lagi manusia yang sempurna dalam dunia saat ini, tetapi semua manusia memiliki banyak kesalahan dalam gen mereka ( kerusakan yang dapat bermutasi/diturunkan atau meniru kesalahan yang sedikit demi sedikit terakumulasi dalam ras manusia ).

Manusia pertama tidak berdosa saat ia diciptakan—ia sempurna.

Saya pikir kita dapat memiliki pandangan sekilas ( katakanlah, melihat melalui sebuah kaca buram ) tentang seperti apa Adam itu dengan cara mengobservasi orang-orang tertentu saat ini. Saya pernah bertemu orang-orang yang memiliki ingatan yang tajam, sementara lainnya adalah artis yang luar biasa. Saya telah membaca orang-orang yang dapat memainkan musik instrumentalia secara brilian sejak usia muda, seperti Mozart. Yang lainnya dapat melakukan perhitungan matematika yang luar biasa sulit di kepala mereka yang bahkan komputer canggihpun perlu waktu untuk menyelesaikannya.

Bila kita meletakkan semua bakat tersebut, ditambah banyak kemampuan lagi, dalam satu orang, saya kira kita akan semakin dekat pada jawaban "seperti apa Adam itu". Hampir membuatmu merasa tertekan bukan?

Kita harus menyadari bahwa Adam sangat lebih pandai daripada kita. Bahkan dikatakan bahwa kita tidak menggunakan banyak bagian dari kapasitas otak kita. Bayangkanlah manusia yang dapat menggunakan seluruh kemampuan otaknya. Pasti bukan masalah bagi Adam untuk memberi nama dan mengingat semua binatang dalam satu hari.

[Catatan Editor: Lihat—Adam dan penamaan binatang, dapatkah semua kejadian yang tertulis pada hari ke-enam penciptaan benar-benar terjadi selama 24 jam dalam 1 hari? Jawaban (bahasa Inggris)… (http://christiananswers.net/q-eden/edn-c001.html)]

Apakah Adam berkulit coklat?

Hands - black and white. Photo copyrighted.Kita tidak bisa memastikan, tetapi saya menyangka Adam mempunyai kulit berwarna coklat sedang. Semua manusia mempunyai warna kulit sama. Kita memiliki pigmen yang disebut melanin. Bila kita punya banyak pigmen ini, kita akan sangat gelap (bahkan hitam). Tetapi bila kita tidak mengandung banyak pigmen ini, kita akan sangat terang ('putih' ).

Dalam buku The Answers, dijelaskan bahwa dari dua orang dengan campuran jumlah melanin yang pas antara genetik dominan dan resesif, maka semua jenis warna dalam manusia tersebut akan muncul. Jadi, bila Adam dan Hawa berkulit coklat sedang, semua jenis warna dari 'hitam' ke 'putih' dapat muncul dalam anak-anak mereka dan generasi berikutnya. Dengan alasan yang sama, Adam dan Hawa kemungkinan mempunyai mata berwarna coklat dan rambut berwarna gelap.

Secara singkat, jika Adam memiliki golongan darah 'A' dan Hawa 'B', semua golongan darah 'ABO' (A, AB, B, O) dapat muncul.

Racism, Racial Issues and Christianity
See: Race and racial issues, a Christian point of view

Adam was the FIRST FATHER

Ayah dan anak. Photo copyrighted.

Kejadian 5:4 mengatakan bahwa Adam dan Hawa mempunyai banyak anak laki dan perempuan. Tradisi Yahudi menyebutkan bahwa mereka memiliki total 56 anak! Ingatlah bahwa Adam hidup selama 930 tahun. (Kejadian 5:5).

Jika Adam dan Hawa adalah manusia yang pertama dan semua orang adalah keturunan mereka (Kisah 17:26, “satu orang saja Ia telah menjadikan semua bangsa…”), maka akan ada pernikahan antar saudara. (Hal ini juga dijelaskan secara detil dalam The Answers Book.)

[Lihat: Darimana Kain mendapat istri?]

Adam PENDOSA PERTAMA

Adam diberitahu bahwa dia tidak boleh memakan dari pohon pengetahuan baik dan jahat (Kejadian 2:17). Sehingga, bila Adam, sebagai kepala dari ras manusia, tidak taat, seluruh keturunannya harus menanggung akibatnya.

Ketidaktaatan. Copyrighted.
Hawa mengambil buah itu dan memakannya, serta memberikannya kepada suaminya, Adam, yang ada bersamanya, dan Adam pun turut memakannya.

Baca tentang hal ini di God's Story

Walaupun Hawa yang pertama dicobai oleh ular, dan yang pertama memakan buah larangan, Adamlah yang membawa dosa ke dalam dunia, sebab dia adalah kepala dari ras manusia dan orang yang pertama kali diberi perintah.

Roma 5:12 menulis: "Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa."

Oleh karena dosa pemberontakan terhadap perintahNya, Allah mengutuk bumi (Kejadian 3:17), memunculkan duri dan onak (Kejadian 3:18), serta memperkenalkan kematian dalam dunia - Adam dan Hawa mati secara rohani, dan akan mengalami mati secara jasmani.

Kematian jasmani pertama yang tercatat adalah setidaknya satu ekor binatang ketika "Dan TUHAN Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka." Allah membunuh seekor binatang, dan menumpahkan darah, serta memberikan penutup kepada Adam dan Hawa. Ini adalah gambaran yang bagus tentang akan adanya sesuatu yang khusus yaitu darah yang tertumpah akan menjadi penutup dosa.

Ibrani 9:22 mengatakan bahwa “tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan.” Allah mengharuskan adanya penumpahan darah untuk pengampunan dosa. Walaupun demikian, darah sapi dan kambing belum cukup. Karena seorang manusia membawa dosa ke dalam dunia, seorang manusia diperlukan untuk menebus - tetapi harus seorang yang sempurna. Bila semua keturunan Adam sekarang sudah berdosa, bagaimana hal ini dapat diselesaikan?

Adam pertama perlu “Adam terakhir”

Jesus Christ. Copyrighted, The God's Story Project.
Read about it in God's Story

Allah menyiapkan Adam kedua—Adam yang sempurna yang dapat menjadi korban sempurna. Allah sendiri datang ke dunia sebagai manusia.

Yesus Kristus, pribadi kedua dari Tritunggal, dilahirkan dari seorang perempuan untuk menjadi manusia sehingga korban yang sempurna itu dapat dilakukan. Yesus adalah Allah, tetapi Ia juga manusia seperti yang Allah maksudkan manusia seharusnya--tanpa dosa. Dia disalibkan di Kalvari. Ia menumpahkan darahNya dan membayar tebusan untuk dosa kita, serta dibangkitkan dari dunia orang mati, mengalahkan maut, hukuman yang Allah berikan karena dosa manusia.

Itulah sebabnya Paulus berkata dalam 1 Korintus 15:20-22:

"Tetapi yang benar ialah, bahawa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal. Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia.Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus."

Kita baca selanjutnya dalam 1 Korintus 15:45-47:

"Seperti ada tertulis: "Manusia pertama, Adam menjadi mahluk yang hidup", tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan…. Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari surga."

1 Korintus 15:26 mengatakan: "Musuh yang terakhir, yang dibinasakan ialah maut." Maut telah ditelan dalam kemenangan, kata Paulus. Dan kita bisa berkata dengannya, "Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?" (1 Korintus 15:55). Kristus telah membayar hukuman penalty. Adam yang terakhir telah mengalahkan maut dan menyediakan pembebasan dari kejatuhan Adam yang pertama dalam dosa, yang berakibat keterpisahan dari Allah.

Penulis: Ken Ham of Answers in Genesis (ChristianAnswers.Net team member). First published in Creation Ex Nihilo, 13(4):28-31, September-November 1991. Used by permission. Copyright © 2002, Creation Ministries International.

Learn more!

Looking for ANSWERS to your questions? Find ANSWERS to more questions from children in the KidExplorers section of ChristianAnswers.Net (http://KidExplorers.com)



Go to index page click for Kid Explorers