Navigation bar

What’s New?
Apa yang harus dilakukan oleh orang Kristen jika menghadapi depresi?




See this page in: English

Depression is a common problem. Photo courtesy of Films for Christ. Copyrighted.


Depresi seringkali disebut sebagai “common cold” (sakit pilek) pada keadaan mental seseorang. Satu sumber memperkirakan bahwa depresi mengganggu kehidupan 30 sampai 40 juta orang di Amerika Serikat. [4]

Depresi sangatlah sukar untuk dijawab dengan satu kata yang mudah. Garry Collins dalam Christian Counseling: A Comprehensive Guide (Dallas: Word, 1988), menggolongkan tujuh macam penyebab utama depresi, [1] dan enam cara pendekatan untuk mengatasinya. Setiap macam mempunyai beberapa cara penanganan. Sebagai tambahan, orang seringkali menggunakan kata “depresi” untuk menutupi suatu kekecewaan, mulai dari akibat kekalahan dalam pertandingan baseball sampai ke kasus yang dapat memicu bunuh diri.

Alkitab tidak menggunakan kata “depresi”, sekalipun menggambarkan orang-orang yang bisa kita katakan mengalaminya. Alkitab juga tidak menyebutkan obat untuk depresi. Akan tetapi, saya dapat merekomendasikan beberapa cara prinsipil menghadapinya, yaitu:

Arahkan dan selesaikan pada penyebab depresi anda dan bukan pada gejalanya.

    Kitab Suci menunjuk pada banyak perihal dosa atau konflik yang dapat berdampak pada emosi Anda; kebanyakan para pembimbing rohani (konselor) setuju bahwa depresi bisa timbul dari penyebab lainnya. Jangan khawatir hanya pada depresi itu sendiri, tapi coba periksa masalah apa dalam hidup Anda yang perlu mendapat perhatian.

Sadarlah bahwa anda tak dapat hidup hanya berdasarkan emosi anda

    Dasar hidup orang Kristen adalah kebenaran dan bukan perasaan. Filipi 4:1 memerintahkan kepada kita untuk bersukacita (sekalipun kita suka atau tidak akan situasi yang sedang kita hadapi). Yakobus 1: 2 mengatakan berkata : “Anggaplah suatu kebahagiaan jika kamu jatuh dalam berbagai pencobaan.” Perhatikan bahwa Yakobus tidak mengatakan kepada kita untuk bersukacita, tapi ia mengatakan agar kita berhitung, memilih untuk berfikir tentang situasi yang kita alami sebagai kesulitan dimana Anda dapat mengalami sukacita.

Depression can be overcome. (Photo supplied by Eden Communictions. Copyrighted.) Iman

    Memilih untuk percaya pada kebenaran daripada perasaan Anda mungkin akan membutuhkan iman yang besar. Dan jika ini yang kita maksud dengan meminta karunia iman agar dapat menghadapi depresi, maka mungkin hal ini akan berhasil pada beberapa kasus. Lebih percaya pada apa yang Tuhan katakan dari pada perasaan kita sendiri merupakan pendekatan yang realistis dalam hidup ini.

Memberikan Perhatian pada Nasihat Tuhan

    Namun, banyak orang yang membicarakan iman dan cuma mempunyai harapan yang kecil bahwa Tuhan akan menolong mereka. Hal ini terlalu samar sebagai konsep yang dapat kita percayai. Banyak orang yang mengatakan bawa mereka mempunyai iman terhadap Tuhan tapi mereka mengabaikan prinsip Tuhan untuk hidup sehat. Jika kita percaya akan firman Tuhan maka kita juga harus siap untuk menanggung konsekuensinya—demikian juga jika kita menggunakan iman kita.

    Apakah benar jika kita menggunakan obat anti stres ? Atau cukup dengan iman saja kita dapat memecahkan masalah?

Photo courtesy of Films for Christ. Copyrighted. Ketidakseimbangan kimiawi tubuh

    Dalam beberapa kasus depresi, dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan fungsi kimiawi tubuh. Dalam kasus seperti ini obat antidepresi adalah jawabannya. Tuhan mengijinkan umat manusia untuk mempelajari tentang peralatan kesehatan, bahkan Ia juga menggunakan alat kesehatan untuk menyembuhkan juga. Ada juga beberapa kasus depresi yang parah sehingga membutuhkan perawatan yang intensif, untuk jangka waktu yang pendek. Saya tak melihat adanya larangan dalam Alkitab yang melarang hal ini. [1]

Masalah yang tak dapat diselesaikan, Akar penyebab masalah

    Bagaimanapun juga setiap perawatan harus dengan hati-hati. Sebenarnya, setiap obat mengakibatkan efek samping. Obat-obatan akan menyebabkan Anda untuk sementara dapat melupakan masalah. Beberapa orang bahkan menggunakan obat anti stres untuk menghindari masalah mereka. Kelihatannya hal ini sebagai jalan pintas. Tapi untuk prinsip dasarnya hal seperti ini jangan dilakukan, kecuali orang yang bersangkutan membahayakan dirinya atau tak mampu mengikuti terapi yang lainnya.

Depresi mencakup area yang kompleks dan masalah serius yang ditimbulkan depresi layak mendapat perhatian dari para pendeta dan konselor.

Pengarang : Dr. John Bechtle
Diterjemahkan oleh: Robert Tanoni
Diedit oleh: Darwin Marpaung

Click hereApakah ada contoh-contoh yang Alkitabiah mengenai depresi dan bagaimana mengatasinya? Go





Petunjuk lain bagi orang Kristen
(diberikan oleh David Seamands)

  1. Kalau bisa jangan sendirian. Usahakan bersama-sama dengan orang lain.

  2. Bernyanyilah. Musik dapat mengangkat semangat Anda sebagaimana yang dialami oleh Raja Saul (1 Samuel 16:14-23).

  3. Pujilah Tuhan dan ucapkan terima kasih. "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu" (1 Tesalonika 5:18).

  4. Bersandarlah secara penuh pada kuasa Firman Allah.

  5. Berteduh dengan yakin pada kehadiran Roh Kudus. "Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!" (Mazmur 42:5).

(Lihat lebih jauh buku yang baik berjudul Healing for Damaged Emotions [Sembuh dari emosi yang rusak]) [3]


Jawaban terhadap pertanyaan berkaitan

Click here Adakah contoh-contoh dalam Alkitab mengenai depresi dan bagaimana cara untuk menghadapinya? Jawaban

Click here Bagaimana saya dapat diampuni? Jawaban

Click here Jika Tuhan mengampuni saya setiap saat saya minta, mengapa saya tetap merasa bersalah? Jawaban

Click here Jika Tuhan mengetahui saya telah disakiti, mengapa Ia tak datang menolong saya? Jawaban

(in English)

Click here Saya merasa telah mengalami penyiksaan seksual, tapi saya tak dapat memastikannya. Apakah penyiksaan seksual itu, dan bagaimana saya dapat menghentikan trauma yang saya hadapi? Jawaban

Click here Saya jelek. Mengapa Tuhan begitu tidak adil terhadap saya? Jawaban

Apakah Anda berterima kasih kepada Allah? Jawaban

Click here Apa yang Alkitab katakan mengenai bunuh diri? Jawaban


Referensi dan Catatan akhir

  1. Delapan penyebab utama depresi. (1) Faktor biologis, (2)Mengetahi tidak ada harapan (perasaan terperangkap dan tak dapat pulih dari situasi yang tak bisa ditolerir), (3)Penolakan orangtua, (4)Penganiayaan, (5) Pikiran negatif, (6) Stress dalam hidup, (7) Kemarahan, (8) Rasa bersalah. [Josh McDowell and Bob Hostetler, Josh McDowell's Handbook on Counseling Youth (Dallas, Texas: Word Publishing, 1996), chapter 5; Gary R. Collins, Christian Counseling: A Comprehensive Guide, revised edition (Dallas, Texas: Word Publishing, 1988).] [UP]

  2. Faktor biologis - "Depresi sering berkaitan dengan keadaan fisik. Pada tingkatan yang sederhana, kita tau kurang tidur, olahraga yang kurang, efek samping obat-obatan, penyakit fisik atau diet yang tidak benar dapat menyebabkan depresi. Ribuan wanita mengalami depresi disebabkan oleh sindrom pra-menstruasi bulanan dan yang lain menjadi korban depresi setelah melahirkan. Penyebab depresi oleh pengaruh fisik lainnya yang lebih kompleks antara lain tidak berfungsinya saraf (neurochemical), tumor otak atau kelenjar yang menyimpang. Ada bukti bahwa depresi bisa terjadi akibat keturunan."
      -Gary R. Collins, Christian Counseling: A Comprehensive Guide, revised edition (Dallas, Texas: Word, 1988), p. 107. [UP]

  3. David A. Seamands, Healing for Damaged Emotions (Colorado Springs, Colorado: Chariot Victor Books, 1991) (ISBN: 0896939383).

  4. Newsweek, May 4, 1987, pp. 48-57.

[ Jika informasi ini berguna, pertimbangkanlah dalam doa untuk memberi sumbangan guna membantu menutupi biaya-biaya agar menjadikan pelayanan yang membangun iman ini tersedia bagi Anda dan keluarga Anda! Sumbangan bersifat tax-deductible (di Amerika). ]

Hak Cipta © Films for Christ, Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang - kecuali sebagaimana dinyatakan pada halaman “Usage and Copyright” terlampir yang memberi kepada pengguna ChristianAnswers.Net, hak untuk menggunakan halaman ini untuk pekerjaan di rumah, kesaksian pribadi, di gereja-gereja maupun sekolah-sekolah.

Go to Films for Christ

ChristianAnswers.Net/indonesian
Christian Answers Network
PO Box 1167
Marysville WA 98270-1167
       

Need someone to talk to about your personal depression, e-mail us at . (Please understand that we are not a counseling ministry and cannot offer you professional advice or provide any medical or psychiatric help. However, we will forward your message to Christian volunteer for reply.)
ChristianAnswers.Net
CAN Home
Shortcuts
Christian Answers Network HOMEPAGE and DIRECTORY
Go to index page