Apa yang baru di ChristianAnswers.Net?

Selamatkan dirimu dari rasa sakit
Sepuluh Tips bagi Kristen baru dan bertumbuh

See this page in: Dutch (Nederland), Korean

5. Peperangan—Memuji Tuhan dan Perlengkapan Senjata Rohani

Spiritual Warfare collage. Illustration copyrighted.

Ketika anda menjadi seorang Kristen, anda melangkah kedalam panasnya perang yang sudah berlangsung sejak permulaan jaman. Anda mempunyai tiga rangkap musuh – Dunia, Daging dan Iblis. Sebelum anda menjadi seorang Kristen, anda hanya ikut mengambang mengikut arus bersama dengan ikan mati lainnya. Tapi sekarang, Tuhan telah memberikan hidupNya dalam anda dan sehingga anda dapat berenang melawan tiga rangkap musuh itu. Mari kita lihat tiga musuh ini.

Gangster. Illustration copyrighted.

Pertama, Dunia. Ketika Alkitab berbicara mengenai “dunia” dalam konteks ini, Ia berbicara mengenai dosa, pemberontakan dan sistem dunia. Ini adalah dunia yang mencintai kegelapan dan membenci terang (Yohanes 3:20), diperintah oleh “ilah zaman ini” (2 Korintus 4:4)—“penguasa kerajaan angkasa” (Efesus 2:2). Alkitab mengatakan bahwa orang Kristen telah dilepaskan dari kecurangan yang ada di dunia ini yaitu nafsu. “Nafsu” adalah keinginan jahat, dan merupakan kehidupan dari dunia ini – apapun itu nafsu untuk dosa seksual, kekuasaan, uang atau benda material lainnya. Nafsu adalah monster yang tidak pernah bisa dipuaskan, jadi jangan kasih dia kesempatan. Itu akan bertambah besar dan semakin besar, sampai beratnya membebani anda dan akhirnya menjadi kematian bagi anda – liat Yakobus 1:15.

Peperangan

Bagaimana saya dapat mengatasi nafsu seks? Jawab

Bagaimana saya dapat mengelola uang secara bijak? Jawab

Tidak ada yang salah dengan sex, kekuasaan, uang atau benda material lainnya, tapi ketikan hal-hal ini menjadi hal yang terutama dalam pandangan Tuhan, Alkitab menyebut hal ini “kesenangan duniawi” (Kolose 3:5). Kita telah diperingatkan “Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu… persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah” (1 Yohanes 2:15, Yakobus 4:4).

Musuh kedua adalah iblis. Seperti yang telah kita lihat, dia dikenal sebagai “ilah zaman ini”. Dia adalah ayah rohani anda sebelum anda bergabung dalam keluarga Tuhan (Yohanes 8:44, Efesus 2:2. Yesus menyebut iblis sebagai pencuri, yang membunuh, mencuri dan membinasakan (Yohanes 10:10).

Cara untuk mengalahkan iblis dan setan adalah dengan memastikan anda diperlengkapi dengan perlengkapan rohani senjata Allah terdapat dalam Efesus 6:10-20. Dengan menggunakannya setiap saat. Juga pada saat tidur sekalipun. Jangan sekali-kali melepasnya. Menggenggam erat pedang bermata dua itu dengan tangan anda sehingga tidak terlepas. Alasan inilah yang membawa kita kepada musuh ketiga.

Sword and shield. Illustration copyrighted. Musuh ketiga adalah yang Alkitab sebut dengan “Daging”. Ini adalah dosa turunan. Daerah peperangannya adalah pikiran anda. Selama anda mempunyai pikiran, anda akan digoda kearah dunia dan semua dosa-dosanya. Pikiran adalah tempat pengolahan data bagi mata dan telinga. Pikiran juga adalah pusat dari keinginan anda. Semua dosa dimulai dari “hati” (Amsal 4:23, Matius 15:19).Kita berpikir sebelum berbuat dosa. Alkitab memperingatkan kita bahwa nafsu akan berlanjut dengan dosa selanjutnya dan setelah dosa itu dibuahi maka akan berbuah maut. Setiap hari dalam kehidupan kita, kita memiliki pilihan. Untuk berdosa atau tidak berdosa – itu pertanyaannya. Jawaban untuk tidak melakukan dosa adalah takut akan Tuhan, jika anda tidak takut akan Tuhan, maka anda akan senang melakukan keinginan hati anda yang berdosa.

Apakah anda tahu Tuhan juga dapat membinasakan manusia? Dia membinasakan manusia karena apa yang telah dilakukannya secara seksual (Kejadian 38:10). Dia juga membinasakan pasangan suami istri karena mereka berbicara dusta (Kis 5:1-11). Pengetahuan akan kebaikan Tuhan – kebenaran pengadilanNya menentang kejahatan, jadi takutlah akan Tuhan akan membantu kita untuk tidak jatuh dalam dosa.

Jadi jika kita tahu bahwa pengawasan Tuhan ada dimana-mana melihat semua perbuatan baik dan jahat, dan Dia akan mengadili, setiap perbuatan, maka kita akan hidup sesuai. Pemikiran seperti inilah yang berharga, “karena takut akan TUHAN orang menjauhi kejahatan” (Amsal 16:6). Yesus berfirman, “Aku berkata kepadamu, hai sahabat-sahabat-Ku, janganlah kamu takut terhadap mereka yang dapat membunuh tubuh dan kemudian tidak dapat berbuat apa-apa lagi. Aku akan menunjukkan kepada kamu siapakah yang harus kamu takuti. Takutilah Dia, yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, takutilah Dia! (Lukas 12:4-5).

To Next Page
PersahabatanKepakan sayap kupu-kupu

Prinsip penting yang dapat menyelamat anda dari rasa sakit:

Sebelumnya…

  1. Makanan firmanGizi setiap hari
    “ Seorang bayi yang sehat mempunyai nafsu makan yang sehat. Jika anda benar dilahirkan dari Roh Kudus, maka anda juga akan mempunya nafsu sehat.”
    [Selanjutnya]
  2. ImanTangga berjalan dapat membawa anda turun

    “… di dalam dunia yang membuat kita seringkali kecewa, kita dapat secara total berserah, percaya, menghitung janji-janjiNya… bahwa Dia tidak akan pernah mengecewakan anda.”

    [Selanjutnya]
  3. PenginjilanTugas kita yang membawa menenangkan

    “Mungkin anda punya waktu yang terbatas setelah pertobatan anda untuk membawa jiwa-jiwa teman dan keluarga anda yang belum terselamatkan kepada Kabar Baik… Ini adalah nasihat yang akan menyelamatkan anda dari dukacita yang mendalam…”

    [Selanjutnya]
  4. Doa“Tunggu sebentar.”

    “Survey menunjukkan bahwa 90% orang amerika berdoa setiap hari… ”

    Inilah bagaimana caranya agar didengar: [Selanjutnya]

  5. Peperangan—Memuji Tuhan dan Perlengkapan senjata rohani

Next…

  1. PersahabatanKepakan sayap kupu-kupu

    “Berdoalah untuk tempat dimana anda bersahabat… Janganlah menjadi “kupu-kupu rohani”

    [Selanjutnya]

  2. ThanksgivingLakukan yang benar

    “Bagi orang Kristen, setiap hari adalah Hari Ucapan Syukur, kita seharusnya lebih mengucap syukur ditengah persoalan…”

    [Selanjutnya]

  3. Baptisan Air

    [Selanjutnya]

  4. PerpuluhanBatas Terakhir

    “Pernah dikatakan bahwa dompet kita adalah ‘batas terakhir.’ Ini adalah daerah terakhir yang harus dikalahkan – Masalah terakhir yang harus diserahkan kepada Tuhan…”

    [Selanjutnya]
  5. Penyelesaian: Aliran, Ateis, Keragu-raguan

    “Ketika aliran mengatakan bahwa anda harus mengenal Nama Tuhan agar bisa diselamatkan, menyembah dalam waktu-waktu tertentu setiap hari atau anda harus dibaptis oleh tua-tua dalam gereja, jangan panic. Mari kita kembali ke manual instruksinya…”

    [Selanjutnya]

[ If this information has been helpful, please prayerfully consider a donation to help pay the expenses for making this faith-building service available to you and your family! Donations are tax-deductible. ]

Diterjemahkan oleh: Robin Bachrul

Author: Ray Comfort of Living Waters Publications. From the booklet Save Yourself Some Pain. Edited by Films for Christ. Web page Copyright © 2001, Living Waters Publications, All Rights Reserved - except as noted on attached “Usage and Copyright” page.

Ray Comfort, Living Waters Publications

ChristianAnswers.Net
Christian Answers Network
PO Box 1167
Marysville WA 98270-1167
USA        

Go to index page Christian Answers home page
home page
directory
Christian Answers Network HOMEPAGE and DIRECTORY