Kid Explorers navigation bar

Anteater

Apa yang telah semut ajarkan kepada saya tentang kehidupan?




This article is also available in English: What can an ant teach me about life? English Answer
Pada suatu ketika, seorang kesatria pemberani yang bernama Timour the Tartar, terpaksa lari dan berlindung dari kejaran musuh-musuhnya dalam sebuah bangunan yang sudah runtuh. Berjam-jam lamanya dia duduk sendirian di tempat tersebut. Sampai pada suatu ketika timbul keinginannya untuk kembali bangkit dan menghilangkan pikiran serta rasa tidak berdaya, dia mengalihkan perhatian pada seekor semut yang berusaha mengangkat sebutir jagung berukuran besar, lebih besar dari badan semut itu sendiri, naik ke atas dinding. Tampaknya usaha semut itu mengalami kegagalan. Lagi dan lagi, semut itu berjuang sekuat tenaga mengangkat sebutir jagung - dan ternyata gagal lagi. Tapi semut tidak berputus asa, dia mencoba lagi dan 69 kali Timour melihat butir jagung itu jatuh kembali ke tanah. Pada hitungan yang ke-70 akhirnya semut berhasil mengangkat butir jagung itu sampai ke puncak dinding. "Dan rupanya, kata kesatria pemberani yang sebelumnya sempat merasa sangat putus asa, hal ini memberikan rasa keyakina kepada saya dan saya tidak akan pernah melupakan pelajaran yang sangat berharga ini".

Aplikasi/Penerapan

Sebaiknya kita selalu mengingat cerita tentang semut ini. Pertama-tama kita harus melihat apakah sesuatu yang akan kita lakukan itu bermanfaat, dan jika ya, dan ternyata kita gagal, kita harus selalu mencoba dan mencoba lagi, dan tetap bertekun sampai pekerjaan tersebut berhasil. Jika seekor semut tidak berkecil hati dengan kegagalan sebanyak 69 kali, kenapa anak-anak harus berkecil hati?

Diterjemahkan oleh: Linda S.
Dikutip dari Lessons from Nature for Youth -Original: 1836. Reprinted by WallBuilders, 1995. Provided by Films for Christ. Used with permission.
Copyright © 1995, All Rights Reserved

Go to Films for Christ


Go to index page