Apa yang baru di ChristianAnswers.Net?

Bisakah Evolusi Menjadi Sumber Kehidupan dalam seluruh kerumitan?

Gold colored bar


See this page in: Inggris (English), Bahasa Bulgaria, Dutch (Nederlands), Japanese, Portuguese (Português), Russian, Spanish (Español)

Retriever. Copyrighted, Films for Christ.

Seseorang hanya perlu melihat dengan seksama pada makhluk hidup untuk mendapatkan beberapa konsep kerumitan mereka yang sangat luar biasa. Jika anda punya seekor binatang peliharaan, pertimbangkan kerumitan yang ada didalamnya - membuat “paket masalah” itu untuk bergerak, bermain, mengingat, menunjukkan tanda-tanda kasih, makan dan berkembang biak!

Jika itu tidak cukup untuk mengejutkan pikiraan anda, bayangkan diberi tugas untuk membuat seekor binatang peliharaan hidup yang mirip dari karbon, kalsium, hidrogen, oksigen, dsb - bagian-bagian unsur dasar binatang.

Jika anda pernah punya seekor binatang peliharaan kesayangan, lumpuh dan mati, anda mungkin punya pengertian ketidak berdayaan yang mungkin menimpa ilmuwan yang paling pandai dan berpengalaman ketika dia punya masalah untuk menciptakan kehidupan.

Sebaliknya, alam tidak mempunyai sisi keuntungan yang dibawa manusia pada masalah tersebut. Di alam, hanya ada zat, energi, waktu, perubahan dan hukum fisika - tidak ada kekuatan penuntun, tidak ada maksud dan tidak ada tujuan.

Kemudian, bahkan dengan semua pengetahuan manusia modern, perlengkapan canggih, dan berpengalaman, kita masih dibanjiri oleh kerumitan. Hal ini merupakan kenyataan bahwa kita tidak dengan yakin memulai segalanya dari nol dalam masalah ini, karena ada berjuta-juta contoh kehidupan yang sesungguhnya untuk diteliti dengan cermat.

Semua makhluk hidup benar-benar rumit. Bahkan "organisme paling sederhana yang hanya bisa tergantung hidupnya, sel bakteri prokaryote merupakan sebuah karya agung dari kerumitan miniatur yang membuat sebuah pesawat ruang angkasa terlihat bertekhnologi rendah." [152]

Human brain. Copyrighted, Films for Christ.

The design of the human brain is truly awesome. (Photo from the video series, ORIGINS.)

Bagaimanapun, tidak ada yang melebihi kerumitan manusia. Bukan saja setiap orang terdiri dari miliaran molekul dan sel, tetapi otak manusia sendiri dengan berjuta-juta sel membentuk bermiliar-miliar sambungan. [153]

Bentuk otak manusia benar-benar mengagumkan dan diluar pengertian kita. Setiap inci kubik dari otak manusia terdiri dari paling sedikit 100 juta sel saraf disambungkan dengan 10 ribu mil serabut.

Telah dikatakan bahwa tiga pon otak manusia merupakan yang paling rumit dan bahan yang tersusun rapi di seluruh jagat raya ini! [154] Jauh lebih rumit daripada komputer, otak manusia mampu menyimpan dan secara kreatif memanipulasi sejumlah besar informasi yang pasti. Kemampuannya dan kekuatannya melebihi pikiran. Semakin banyak kita gunakan, semakin bagus hasilnya.

Butterfly. Photo copyrighted. Courtesy of Films for Christ.

Kemampuan otak bahkan untuk serangga yang paling kecil mengejutkan pemikiran. Bintik kecil dari otak ditemukan pada seekor semut kecil, kupu-kupu atau lebah memampukan mereka bukan hanya melihat, mencium, merasa dan bergerak, bahkan terbang dengan ketelitian yang luar biasa. Kupu-kupu secara rutin terbang dalam jarak-jarak yang luar biasa. Lebah-lebah dan semut-semut membuat hubungan sosial yang rumit, membangun proyek, dan berkomunikasi. Otak-otak kecil ini membuat komputer kita dan ahli elektonik pada penerbangan malu, dengan perbandingan itu.

Keajaiban dari tubuh binatang dan manusia jelas tidak ada akhir. Dr. A.E Wilder-Smith membuat pernyataan yang menimbulkan pemikiran dan kerendahan hati:

Elephant. Copyrighted, Films for Christ.

Imagine being given the task of constructing any living animal from scratch, using carbon, calcium, water, etc. It boggles the mind. Now imagine miniaturizing the program to grow it and run it. All the chemical information needed to construct an elephant is contained in a tiny speck (the fertilized egg cell).

"Ketika seseorang menganggap bahwa seluruh informasi kimia membentuk seorang manusia, seekor gajah, katak, atau setangkai anggrek dipadatkan menjadi dua sel reproduksi (sperma dan sel telur), orang hanya bisa terheran-heran.

Sebagai tambahan dari ini, seluruh informasi tersedia pada gen untuk memperbaiki tubuh (bukan hanya membentuknya saja) saat dia terluka. Jika seseorang meminta seorang insinyur untuk menyempurnakan prestasi dari informasi miniaturisasi, orang itu akan dianggap cocok untuk klinik jiwa."

Computer. Photo copyrighted. Courtesy of Films for Christ.

Hal ini benar-benar nyata bahwa sebuah mesin secara hati-hati dibuat oleh seorang pembuatnya mencerminkan keberadaan si penciptanya. Sangatlah bodoh menyarankan bahwa waktu dan kesempatan dapat membuat sebuah komputer atau sebuah oven microwave atau bahwa bagian-bagian seseorang dapat membentuk dirinya sendiri menjadi mekanisme yang kompleks ini mengingat fisik zat itu. Jadi, kehidupan ini jauh, bahkan sangat jauh lebih kompleks daripada mesin buatan manusia manapun juga.

Semakin para ilmuwan mempelajari kehidupan, semakin mereka terkesan lebih dalam lagi. Alam penuh dengan design yang rumit dan indah. Sebaliknya obyek buatan manusia yang nampak kasar dalam penyelesaiannya dan menggambarkan lebih dekat lagi apa yang mereka pikirkan ( misalnya melalui mikroskop yang kuat), semakin dekat kehidupan dilihat semakin kompleks dan menakjubkan nampaknya. [155] Ahli biologi terus membuat penemuan yang menarik bahkan pada tingkat design dan kompleksitas yang lebih besar.

Panet Bumi dipenuhi banyak sekali kehidupan dalam berbagai bentuk, masing-masing dengan tingkat kerumitan yang hebat. Kaum materialis percaya bahwa kehidupan dalam semua bentuknya yang menakjubkan hanya terdiri dari atom dan molekul. Mereka percaya bahwa atom dan molekul ini membentuk jutaan intrik binatang dan tanaman. [156] Pandangan ini lahir pada masa ilmu pengetahuan terdahulu dan lebih naif saat kerumitan yang ekstrim dari sistem kehidupan tidak dimengerti.

Bahkan jika alam secara alamiah dapat membangun protein dan enzym digunakan oleh makhluk hidup, pekerjaan ini tidak akan dilakukan. Perlu waktu yang lebih dari ini untuk memproduksi kehidupan. Ada sebuah perbedaan yang sangat besar antara memproduksi blok bangunan dan memproduksi sebuah gedung pencakar langir yang beroperasi penuh dan melayani bangunan bertingkat 100 dari blok-blok bangunan itu. Bangungan memerlukan tenaga pembangun; program memerlukan ahli pembuat program.

Hari ini, kebanyakan ilmuwan yakin bahwa kehidupan tidak pernah ada tanpa seorang pembuat yang sangat pandai.

[ Jika informasi ini berguna, pertimbangkanlah dalam doa untuk memberi sumbangan guna membantu menutupi biaya-biaya agar menjadikan pelayanan yang membangun iman ini tersedia bagi Anda dan keluarga Anda! Sumbangan bersifat tax-deductible (di Amerika). ]

Book from Films for Christ. The Illustrated ORIGINS Answer Book by Paul S. Taylor.
Referensi [baca]

Diterjemahkan oleh : Fiedawati Liman, SPd.

Penulis: Paul S. Taylor, Films for Christ.

Hak Cipta © 1999, Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang - kecuali sebagaimana dinyatakan pada halaman “Usage and Copyright” terlampir yang memberi kepada pengguna ChristianAnswers.Net , hak untuk menggunakan halaman ini untuk pekerjaan di rumah, kesaksian pribadi, di gereja-gereja maupun sekolah-sekolah.

Go to Films for Christ

ChristianAnswers.Net/indonesian
Christian Answers Network
PO Box 1167
Marysville WA 98270-1167 USA
USA        

Go to index page ChristianAnswers.Net
CAN Home
Shortcuts

Christian Answers Network HOMEPAGE dan DIREKTORI