What’s New?

Apakah Yesus benar-benar berkeringat darah?

Lihat halaman ini dalam bahasa: Inggris (English)

Sebelum penyaliban, saat Yesus Kristus berdoa di Taman Getsemani, Lukas yang adalah seorang murid dan tabib mencatat:

"Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. Peluh-Nya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah."
-Lukas 22:44 (TB)

Walaupun kondisi medis seperti ini relatif jarang ada, menurut Dr. Frederick Zugibe (Kepala Penguji Medis dari Rockland County, New York) kondisi ini luas diketahui, dan telah banyak kasus seperti ini. Istilah klinisnya adalah “hematohidrosis.” "Sekitar kelenjar keringat, ada banyak pembuluh darah berbentuk seperti jaring." Di bawah tekanan yang besar pembuluh-pembuluh tersebut menyusut. Kemudian saat kegelisahan berlalu "pembuluh darah mengembang sampai mencapai ambang pecah. Darah mengalir masuk ke kelenjar keringat." Sementara kelenjar keringat menghasilkan banyak keringat, darah terdorong ke permukaan kulit - keluar sebagai tetesan darah.

Apa yang menjadi sumber dari tekanan dan kegelisahan begitu besar yang dialami Yesus? Jelas sekali Ia sedang dalam pergumulan rohani yang dahsyat. Sebagai Anak Allah, Ia pasti telah mengetahui secara rinci semua yang akan terjadi pada-Nya. Dia tahu bahwa secara jasmani Ia akan mengalami salah satu bentuk hukuman mati yang paling mengerikan yang pernah ada. Tubuh-Nya adalah manusia, dan Ia dapat merasakan semuanya itu setidaknya dalam taraf yang sama dengan kita.

Tetapi yang paling membebani Yesus adalah pengetahuan bahwa Ia akan menderita oleh trauma mengerikan akibat dari menanggung semua dosa kita di atas diri-Nya—dosa saya dan dosa Anda. Ia tahu bahwa di bawah beban dosa, Allah Bapa akan meninggalkan-Nya dan dengan demikian Ia akan mengalami suatu wujud neraka untuk para orang berdosa.

Dengan kuasa yang dimiliki Yesus, Ia dapat dengan mudah menghindari semuanya ini dan menghilang saja. Ia dapat saja membawa turun sepasukan besar para malaikat untuk melindungi Dia. Ia dapat saja membuat kulitnya kebal. Ia dapat saja membius rasa sakit-Nya supaya Ia tidak merasakah apapun. Tetapi Ia memilih untuk tidak melakukan hal-hal seperti ini. Justru, Ia dengan rela memilih untuk secara nyata “tertikam oleh karena pemberontakan kita” dan “diremukkan oleh karena kejahatan kita” sehingga Ia dapat benar-benar melunasi dosa-dosa kita dan menderita kematian sebagai manusia.

"…Dia dianiaya, tetapi Dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulut-Nya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, Ia tidak membuka mulut-Nya." (Yesaya 53:5,7, TB)

Informasi lebih lanjut…

Bagaimana cara kematian Yesus? Jawaban (in English)

Jika Anda ingin belajar bagaimana mempunyai hubungan pribadi dengan Kristus, klik ini.

Anda dapat membaca ringkasan berilustrasi tentang riwayat hidup dan kematian Yesus (klik ini). Lebih baik lagi, mulailah dengan cerita tentang Allah untuk memahami apa yang diperbuat Allah dan mengapa Yesus mati. Ke…(ChristianAnswers.Net/indonesian/godstory)

Kami telah menyediakan lebih banyak informasi dan dokumentasi tentang kehidupan Yesus, kematian dan kebangkitan-Nya di ChristianAnswers.Net/jesus.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai topik kematian Kristus, kami sangat merekomendasikan "How Jesus Died: The Final 18 Hours," sebuah video Kristen berdurasi setengah jam. Produksi yang informatif ini akan membantu Anda dan lainnya untuk lebih menghargai apa yang diderita Yesus demi menyelamatkan kita. Video ini dapat dibeli secara on-line. Ke… atau hubungi 800-322-2261.

[ Jika informasi ini berguna, pertimbangkanlah dalam doa untuk memberi sumbangan guna membantu menutupi biaya-biaya agar menjadikan pelayanan yang membangun iman ini tersedia bagi Anda dan keluarga Anda! Sumbangan bersifat tax-deductible (di Amerika). ]

Pengarang: Paul S. Taylor dari Films for Christ.
Diterjemahkan oleh: Juta Niu Lan Sin.

Hak Cipta © 1998, Films for Christ, Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-Undang -kecuali sebagaimana dinyatakan pada halaman “Usage and Copyright” terlampir yang memperbolehkan para pengakses ChristianAnswers.Net untuk menggunakan halaman ini dalam rangka pekerjaan di rumah mereka, kesaksian pribadi, gereja-gereja dan sekolah-sekolah.

Go to Films for Christ

ChristianAnswers.Net/indonesian
Christian Answers Network
PO Box 1167
Marysville WA 98270-1167        

Go to index page ChristianAnswers.Net
CAN Home
Shortcuts
Christian Answers Network HOMEPAGE dan DIREKTORI