Navigation bar

What’s New?
Bukankah semua agama pada dasarnya sama saja, mengapa orang Kristen menekankan seseorang harus percaya pada Kristus untuk diselamatkan?





This article is also available in English: Aren't all religions basically the same?



Sunrise in Jerusalem, Israel, home of the world's three major faiths.

Setiap agama tidaklah sama - Kekristenan yang alkitabiah sangatlah unik dibandingkan agama-agama dan philosofi-philosofi manusia. Pernyataannya tentang keselamatan didasarkan pada bukti-bukti kuat atas kebenaran dan penggenapannya. Kekristenan sebenarnya bukanlah tentang agama, melainkan tentang pribadi, Yesus Kristus. “Segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia” (Kolose 1:16,17)

Karenanya kekristenan secara mendasar adalah unik dibanding yang lain.

Keunikan Kekristenan

  • Hanya di dalam alkitab, Allah mengungkapkan diri sebagai yang kekal, Sang Pencipta, yang menjadikan semesta alam melalui FirmanNya. Semua agama bermulai dari keberadaan alam semesta sebagai sesuatu yang kekal, dengan “allah-allah” yang menjelma dalam kekuatan-kekuatan alam, yang membentuk alam semesta sebagaimana adanya sekarang. Sedangkan Allah Pencipta dalam alkitab memiliki semua kekuatan dalam diriNya, bukan hanya sebagai Sang pencipta semesta namun juga sebagai Sang penentu atas penyelamatan umat manusia.

  • Kekristenan sendiri berpusat pada peristiwa-peristiwa sejarah tentang Seseorang - tentang kelahiran, kematian, kebangkitan dan kedatangan segera Yesus Kristus dalam kemenangan. Agama-agama lain didasarkan semata pada ajaran-ajaran ketimbang perbuatan-perbuatan para pendirinya.

  • Sepanjang sejarah manusia, Yesus Kristus adalah satu-satunya yang menaklukkan musuh terbesar manusia - yaitu maut. Pendiri agama lain semuanya telah mati dan telah dikuburkan. Kubur Kristus yang kosong, dan tubuhNya yang bangkit dari kubur merupakan fakta terhebat dalam sejarah. Kenyataan bahwa hanya Dia yang sanggup mengatasi kematian merupakan bukti kehebatanNya. Dia sendiri berkata, "Akulah jalan kebenaran dan hidup, tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku" (Yoh 14:6)

  • Semua agama di dunia pada dasarnya hanyalah sebuah agama - sebuah keselamatan yang perlu dikerjakan. Setiap agama memiliki aturan ibadah tertentu, perintah-perintah dan larangan dan berbagai prinsip dasar yang harus diikuti, yang mengajarkan bahwa jika seseorang melakukannya maka ia dapat selamat. Sistem-sistem yang dibuat manusia tersebut menunjukkan bahwa semuanya dapat dicapai manusia. Sementara dalam Alkitab, standar moral dan etika didasarkan pada kekudusan dan kesempurnaan Allah sendiri, tanpa menuntut hal lain guna keselamatan. Yang jelas, manusia tidak mungkin menciptakan suatu standar yang tidak sanggup dilakukannya.

  • Manusia Yesus Kristus, satu-satunya manusia yang menjalani hidup dalam kekudusan sempurna dan kepatuhan penuh pada Bapa, telah menunjukkan bahwa Dia adalah Manusia-Allah. Dia mati karena dosa manusia dan oleh kematianNya, karena kekudusan dan kesempurnaanNya, menawarkan pengampunan penuh kepada siapa saja yang mau menerima. Hanya Kristus yang menawarkan keselamatan sebagai anugerah, supaya siapa saja yang percaya padaNya memperolehnya. Bagi orang-orang yang sungguh percaya padaNya, Dia memberikan kehidupan baru melalui Roh Kudus yang memampukan seseorang hidup menyenangkan Allah.

Ini bukan sekedar “agama” dibanding agama di seluruh dunia, Yesus Kristus adalah Pencipta dunia dan satu-satunya Penebus sejati. "Dan keselamatan tidak ada didalam siapapun juga selain didalam Dia, sebab dibawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." (Kisah 4:12)

Dikutip dari The Bible Has the Answer, by Henry Morris and Martin Clark, Dipublikasikan oleh Master Books, 1987

[ Jika informasi ini berguna, pertimbangkanlah dalam doa untuk memberi sumbangan guna membantu menutupi biaya-biaya agar menjadikan pelayanan yang membangun iman ini tersedia bagi Anda dan keluarga Anda! Sumbangan bersifat tax-deductible (di Amerika). ]

Diterjemahkan oleh: Linda Rooroh
Diedarkan oleh Films for Christ atas ijin dari Master Books
Hak Cipta © 1995, Master Books, Semua hak dilindungi - kecuali seperti yang tercantum pada halaman “Usage and Copyright” yang memberi pengguna ChristianAnswers.Net hak untuk menggunakan halaman ini untuk pekerjaan mereka di rumah, kesaksian pribadi, gereja dan sekolah.

Go to Films for Christ

ChristianAnswers.Net/indonesian
Christian Answers Network
PO Box 1167
Marysville WA 98270-1167
       


ChristianAnswers.Net
CAN Home
Shortcuts
Christian Answers Network HOMEPAGE dan DIREKTORI
Index