What’s New?

Mengapa doa saya tak terjawab?



Lihat halaman ini dalam bahasa: Inggris (English), Dutch (Nederlands), Bahasa Bulgaria

Apakah semua doa dijawab? Kitab Suci mengajarkan bahwa Tuhan menjawab semua doa (Yohanes 16:24); tapi Kitab Suci juga mengajarkan bahwa ada beberapa kondisi yang menyebabkan doa menjadi sangat efektif. Apakah yang menjadi alas an Alkitab bahwa Tuhan tidak menjawab doa kita?

  1. Woman praying. Photo copyrighted.

    Kita tidak percaya bahwa Tuhan dapat menjawab doa kita.
    Tuhan Yesus berkata:

    "Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya." (Matius 21:22)

    Yakobus menulis:

    "Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian kemari oleh angin. Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan. Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya." (Yakobus 1:6-8)

    Percaya merupakan bagian utama dalam doa. Tapi masih ada beberapa alas an lagi yang menyebakan doa tak terjawab.

  2. Kita meminta dengan motivasi yang tak benar.

    "Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu." (Yakobus 4:3)

  3. Dosa yang tak diakui memisahkan kita dari Tuhan, sehingga Ia tak dapat mendengar doa kita.

    "Sesungguhnya, tangan Tuhan tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu, ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengarmu, Ialah segala dosamu." (Yesaya 59:1-2)

  4. Kita lebih mengutamakan sesuatu yang lain dalam hati kita sehingga Tuhan menjadi hal nomor dua, sehingga menghalangi kita dengan Tuhan.

    "Hai, anak manusia, orang-orang ini menjunjung berhala-berhala mereka dalam hatinya dan menempatkan di hadapan mereka batu sandungan, yang menjatuhkan mereka ke dalam kesalahan. Apakah Aku mau mereka meminta petunjuk dari padaKu" (Yehezkiel 14:3)

  5. Kita tidak menjawab mereka yang meminta pertolongan kita.

    "Siapa menutup telinganya bagi jeritan orang lemah, tidak akan menerima jawaban kalau ia sendiri berseru-seru." (Amsal 21:13)

  6. Kita tidak berada dalam Dia karena itu firmanNya juga tidak ada dalam kita.

    "Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya." (Yohanes 15:7)

Apa yang dijanjikan Tuhan kepada mereka yang percaya?

  1. Keselamatan

    "Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan." (Roma 10:13)

  2. Pengampunan dosa

    "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan." (1 Yohanes 1:9)

  3. Hikmat

    "Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, - yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan tidak membangkit-bangkit, - maka hal itu akan diberikan kepadanya." (Yakobus 1:5)

Harus diingat adalah bahwa kita harus menjadi milik Allah terlebih dulu sebelum kita dapat berkomunikasi denganNya. "Barangsiapa berasal dari Allah, ia mendengarkan firman Allah; itulah sebabnya kamu tidak mendengarkannya, karena kamu tidak berasal dari Allah." (Yohanes 8:47)

Terkadang jawaban Tuhan jauh dari harapan kita dan kita tak dapat memahaminya.

Tuhan maha tahu, dan Ia dapat melihat hal-hal yang dapat kita lihat. Alkitab menyatakan untuk percaya kepada Tuhan, dari pada menggunakan pemahaman kita karena hal inilah yang terbaik bagi kita:

"Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar pada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu." (Amsal 3:5-6)

Alkitab juga mengatakan bahwa terkadang pekerjaan Tuhan tak dapat dimengerti:

"Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman Tuhan. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu." (Yesaya 55:8-9)

1 Korintus 13:12 mengatakan pada kita bahwa sekarang kita hanya melihat bayangan secara samara seperti kita mangamati diri kita pada cermin, tapi suatu hari kita akan melihatnya secara jelas dan mengerti bagaimana Tuhan menjawab doa kita.

[ Jika informasi ini berguna, pertimbangkanlah dalam doa untuk memberi sumbangan guna membantu menutupi biaya-biaya agar menjadikan pelayanan yang membangun iman ini tersedia bagi Anda dan keluarga Anda! Sumbangan bersifat tax-deductible (di Amerika). ]

Diterjemahkan oleh: Robert Y Tanoni

Pengarang: Dawson McAllister of Dawson McAllister Live!

Hak Cipta © 1997, Dawson McAllister Live!, Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang - kecuali sebagaimana dinyatakan pada halaman “Usage and Copyright” terlampir yang memberi kepada pengguna ChristianAnswers.Net, hak untuk menggunakan halaman ini untuk pekerjaan di rumah, kesaksian pribadi, di gereja-gereja maupun sekolah-sekolah.

Dawson's great book, Please Don't Tell My Parents

Go to Dawson McAllister Live!

ChristianAnswers.Net/indonesian
Christian Answers Network
PO Box 1167
Marysville WA 98270-1167
USA        


Index ChristianAnswers.Net
CAN Home
Shortcuts
Christian Answers Network HOMEPAGE dan DIREKTORI