Apa yang baru di ChristianAnswers.Net?

Apakah komputer NASA berhasil membuktikan hari terpanjang Yosua?



Lihat halaman ini dalam bahasa: Inggris (English), Bulgaria, Perancis (Français), Portugis (Português)

Sun. Photo copyrighted. Courtesy of Films for Christ.
“Matahari tidak bergerak di tengah langit dan lambat-lambat terbenam kira-kira sehari penuh.”
-Yosua 10:13b

Sekalipun kita percaya tentang kebenaran Alkitab akan hari terpanjang Yosua, namun klaim tentang NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat) telah berhasil membuktikannya merupakan isapan jempol belaka.

Sebenarnya, klaim bahwa perhitungan astronomi telah membuktikan akan hari yang hilang tersebut telah berlangsung dari beberapa abad yang lalu. Namun dalam beberapa dekade terakhir ini, hal ini berkembang menjadi bahwa komputer NASA telah berhasil membuktikannya.

Tak ada seorangpun yang berhasil menyediakan bukti akan perhitungan tersebut - tentang bagaimana hari yang hilang itu ditemukan? Padahal hal inilah yang paling banyak orang ingin mengetahuinya. Bagaimana mungkin kita bisa mengetahui hari yang hilang itu kecuali kita mempunyai referensi tanggal yang tetap mengenai hari itu?

Faktanya kita harus melakukan pengecekan antara pencatatan astronomi maupun sejarah untuk mendeteksi akan adanya hari yang hilang tersebut. Bahkan untuk mendeteksi selisih waktu 40 menit diperlukan referensi yang akurat untuk menentukan perbedaan menit tersebut.

Adalah benar untuk mengetahui kapan dan dimana gerhana matahari terjadi ditentukan secara tepat. Tapi catatan kuno tidak mencatat waktu secara akurat, karena itu untuk melakukan pengecekana adalah suatu hal yang mustahil. Walaupun demikian sejarah mula-mula telah mencatat akan adanya gerhana matahari pada tahun 1217 SM, dua abad setelah Yosua.

Ada begitu banyak bukti yang menunjukkan akan kebenaran penciptaan dan Alkitab, sehingga kita tak perlu menuntut akan klaim-klaim yang tidak masuk akal.

[Juga lihat: Dapatkah kita menjelaskan akan hari panjang Yosua dan Hizkia? Go (in English)…]

[Lihat: Other hoaxes that prey upon Christians.]

[ Jika informasi ini berguna, pertimbangkanlah dalam doa untuk memberi sumbangan guna membantu menutupi biaya-biaya agar menjadikan pelayanan yang membangun iman ini tersedia bagi Anda dan keluarga Anda! Sumbangan bersifat tax-deductible (di Amerika). ]

Diterjemahkan oleh: Robert Y Tanoni

Penulis: Creation Ministries International.

Hak Cipta © 1997, Creation Ministries International, Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang - kecuali sebagaimana dinyatakan pada halaman “Usage and Copyright” terlampir yang memberi kepada pengguna ChristianAnswers.Net, hak untuk menggunakan halaman ini untuk pekerjaan di rumah, kesaksian pribadi, di gereja-gereja maupun sekolah-sekolah.

ChristianAnswers.Net/indonesian
Christian Answers Network
PO Box 1167
Marysville WA 98270-1167
USA        

Go to index page ChristianAnswers.Net
CAN Home
Shortcuts
Christian Answers Network HOMEPAGE dan DIREKTORI