What’s New?

Apa yang dimaksud dengan pembaptisan Roh Kudus? Bagaimana seseorang mendapatkannya?

See this page in: Inggris (English)

Ironis bahwa umat Kristen terus berdebat tentang pembaptisan Roh, sementara rasul Paulus menggunakannya sebagai salah satu argumen utamanya untuk membuktikan bahwa kita disatukan dalam Kristus!

Beberapa gereja percaya bahwa pembaptisan Roh adalah suatu pengalaman yang berbeda dengan penyelamatan awal. Mereka melihatnya sebagai pengalaman kedua yang memberi seseorang kekuatan dan keberanian spiritual yang lebih besar, dan kesanggupan untuk hidup sebagai orang Kristen yang penuh kemenangan. Beberapa kelompok mengajarkan bahwa pembaptisan disertai dengan tanda tertentu seperti berbicara dalam berbagai bahasa.

Kitab Suci tidak cukup sering menggunakan istilah “pembaptisan Roh”. Yohanes Pembaptis meramalkan bahwa Yesus akan datang dan membaptis dengan Roh dan dengan api (Matius 3:11; Markus 1:8; Lukas 3:16; Yohanes 1:33). Dalam Kisah 1:5, Yesus mengingatkan kata-kata Yohanes, dan memberi tahu pengikutnya bahwa mereka akan dibaptis dengan Roh Kudus tidak lama lagi setelah saat itu. Peristiwa spektakuler pada hari Pentakosta sepuluh hari kemudian tampaknya merupakan penggenapan sabda-Nya (lihat Kisah 2). Satu-satunya hal lain yang diungkapkan di Kisah (11:16) yang merujuk pada Pentakosta, menjelaskan bahwa Kornelius, orang non-Yahudi pertama yang menjadi Kristen, mendapat pengalaman yang sama dengan peristiwa Pentakosta.

Sementara ayat-ayat di atas menjelaskan bahwa para umat dalam Kisah 2 mengalami pembaptisan Roh, masih belum jelas apa yang dimaksud dengan pembaptisan tersebut. Juga tidak diketahui apakah ada pekerjaan Roh yang lain yang terjadi pada saat yang sama.

Penjelasan yang paling baik tentang pembaptisan terdapat dalam I Korintus 12:13. Paulus sedang mengatasi situasi di mana gereja di Korintus terpecah akibat masalah karunia roh. Penekanan yang berlebihan tentang karunia spektakuler ini telah mengakibatkan sikap bahwa beberapa orang merasa mendapat karunia yang lebih diinginkan, sementara yang lain kekurangan. Sebagai jawaban, Paulus menyatakan, "Kita adalah satu! Jangan terbagi-bagi!" Dan untuk membuktikan maksudnya, dia menjelaskan, "Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh" (I Korintus 12:13).

Maksud utamanya? Semua umat berbagi kenyataan bahwa mereka telah dibaptis oleh Roh.

Apa yang dikerjakannya? Roh membuat kita bagian dari tubuh Kristus, yaitu Gereja.

Kapan itu terjadi? Jika setiap umat telah dibaptis oleh Roh, maka hal itu terjadi pada saat anda menerima Kristus dan menjadi Kristen.

Umat Kristen yang agung selama bertahun-tahun telah sering mengalami perjumpaan dengan Tuhan secara dramatik setelah penyelamatan. Tidak ada alasan untuk menyangkal bahwa ini adalah cara yang sejati mengenai karya Tuhan bagi umat-Nya. Juga benar bahwa sama seperti orang yang saleh, umat Kristen menjalani hidupnya tanpa anugerah “karya kedua” seperti itu.

Kita dapat menggunakan kata-kata apa saja untuk menjelaskan pengalaman kita dengan Tuhan. Tetapi lebih akurat untuk mengatakan bahwa Kitab Suci menggunakan “pembaptisan Roh” untuk merujuk pada satu dari hal-hal menakjubkan yang dikerjakan Tuhan pada kita begitu kita percaya pada Kristus dan masuk ke dalam keluarga-Nya!

[ Jika informasi ini berguna, pertimbangkanlah dalam doa untuk memberi sumbangan guna membantu menutupi biaya-biaya agar menjadikan pelayanan yang membangun iman ini tersedia bagi Anda dan keluarga Anda! Sumbangan bersifat tax-deductible (di Amerika). ]

Diterjemahkan oleh: Jasinta
Pengarang: Dr. John Bechtle

Copyright © 1996, Films for Christ, Semua hak dilindungi - kecuali seperti yang tercantum pada halaman “Usage and Copyright” yang memberi pengguna ChristianAnswers.Net hak untuk menggunakan halaman ini untuk pekerjaan mereka di rumah, kesaksian pribadi, gereja dan sekolah.

Go to Films for Christ

ChristianAnswers.Net/indonesian
Christian Answers Network
PO Box 1167
Marysville WA 98270-1167        

Go to index page ChristianAnswers.Net
CAN Home
Shortcuts
Christian Answers Network HOMEPAGE dan DIREKTORI