Navigation bar

What’s New?
Adakah konfirmasi mengenai peristiwa di Alkitab dari sumber tertulis di luar Alkitab?




This article is also available in English: Is there any confirmation of Biblical events from written sources outside the Bible? English Answer
Peristiwa Alkitab yang paling terdokumentasi adalah air bah yang melanda seluruh bumi sebagaimana dikisahkan di Kejadian 6-9. Sejumlah dokumen Babel telah ditemukan yang menggambarkan kisah air bah yang serupa.

Sumerian King List

Tablete de argila com lista de reis sumérios


Daftar Raja Sumeria (digambarkan di sini), misalnya, mendaftarkan raja-raja yang memerintah untuk jangka waktu yang lama. Kemudian datanglah air bah besar. Setelah air bah, raja-raja Sumeria memerintah untuk jangka waktu yang jauh lebih singkat. Pola ini sama dengan yang ditemukan di Alkitab. Manusia memiliki periode hidup lebih lama sebelum air bah dan lebih singkat setelahnya. Tablet Epik Gilgamesh kesebelas mengisahkan tentang bahtera, binatang yang dibawa ke dalam bahtera, burung yang dikirim keluar selama masa air bah, bahtera yang terdampar di atas gunung dan korban yang dipersembahkan setelah bahtera tersebut mendarat.

Story of Adapa menceritakan adanya ujian bagi keabadian yang menyangkut makanan, serupa dengan kisah Adam dan Hawa di Taman Eden.

Tablet-tablet Sumeria mencatat kekacauan bahasa sebagaimana yang kita miliki dalam kisah Alkitab mengenai Menara Babel (Kejadian 11:1-9). Pernah ada suatu masa ketika semua manusia berbicara dengan bahasa yang sama. Bahasa kemudian dikacaukan oleh dewa Enki, penguasa kebijaksanaan. Orang-orang Babel memiliki kisah serupa dimana dewa-dewa menghancurkan sebuah menara kuil dan 'menceraiberaikan mereka keluar dan membuat aneh ucapan mereka."

Contoh-contoh lain konfirmasi di luar Alkitab mengenai peristiwa Alkitab:

  • Perang melawan Israel oleh Firaun Sisak (1 Raja-raja 14:25-26), dicatat di dinding Kuil Amun di Thebes, Mesir.

  • Pemberontakan Moab melawan Israel (2 Raja-raja 1:1; 3:4-27), dicatat di Inskripsi Mesha.

  • Kejatuhan Samaria (2 Raja-raja 17:3-6, 24 ; 18:9-11) ke tangan Sargon II, Raja Asyur, sebagaimana dicatat di dinding istananya.

  • Jatuhnya Asdod oleh Sargon II (Yesaya 20:1), sebagaimana dicatat pada dinding istananya.

  • Penyerbuan Sanherib raja Asyur terhadap Yehuda (2 Raja-raja 18:13-16), sebagaimana dicatat pada Prisma Taylor.

  • Pengepungan Lakhis oleh Sanherib (2 Raja-raja 18:14, 17 ), sebagaimana dicatat pada prasasti Lakhis.

  • Pembunuhan Sanherib oleh anaknya sendiri (2 Raja-raja 19:37), sebagaimana dicatat pada catatan kerajaan anaknya Esarhadon.

  • Kejatuhan Niniwe sebagaimana dinubuatkan oleh nabi Nahum dan Zefanya (2:13-15), dicatat pada Tablet Nabopolasar.

  • Kejatuhan Yerusalem oleh Nebukadnezar, raja Babel (2 Raja-raja 24:10-14), sebagaimana dicatat pada Tarikh Sejarah Babel.

  • Ditawannya Yoyakhin, raja Yehuda, di Babel (2 Raja-raja 24:15-16), sebagaimana dicatat pada Catatan Tawanan Babel.

  • Kejatuhan Babel pada Media dan Persia (Daniel 5:30-31), sebagaimana dicatat pada Silinder Koresh.

  • Pembebasan tawanan di Babel oleh Koresh (Ezra 1:1-4; 6:3-4), sebagaimana dicatat pada Silinder Koresh.

  • Eksistensi Yesus sebagaimana dicatat oleh Josephus, Suetonius, Thallus, Pliny the Younger, Talmud dan Lucian.

  • Pemaksaan orang-orang Yahudi untuk meninggalkan Roma selama masa pemerintahan Claudius (41-54 M) (Kis. 18:2), sebagaimana dicatat oleh Suetonius.


[ Jika informasi ini berguna, pertimbangkanlah dalam doa untuk memberi sumbangan guna membantu menutupi biaya-biaya agar menjadikan pelayanan yang membangun iman ini tersedia bagi Anda dan keluarga Anda! Sumbangan bersifat tax-deductible (di Amerika). ]

Diterjemahkan oleh: Tjia Djie Kian
Pengarang: Bryant Wood dari Associates for Biblical Research
Hak Cipta © 1995, Associates for Biblical Research, Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang - kecuali sebagaimana dinyatakan pada halaman “Usage and Copyright” terlampir yang memberi kepada pengguna ChristianAnswers.Net, hak untuk menggunakan halaman ini untuk pekerjaan di rumah, kesaksian pribadi, di gereja-gereja maupun sekolah-sekolah.

Go to Associates for Biblical Research

ChristianAnswers.Net/indonesian
Christian Answers Network
PO Box 1167
Marysville WA 98270-1167 USA        

ChristianAnswers.Net
CAN Home
Shortcuts
Christian Answers Network HOMEPAGE dan DIREKTORI
Go to index page